-->

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 04 Juni 2011

Selembar Kain di Kepala (judulnya t'inspirasi sama judul buku yg p'nah aku baca di toko buku ttg pengalaman para jilbaber, sayang gag jd kubeli)

"Kamu mau pake jilbab kapan???"
Pertanyaan yg cukup sering ditanyakan waktu aku belum memutuskan untuk berjilbab. Pertanyaan yg cukup sulit & dilematis karna apapun yg aku jawab tetap saja percuma karena papahku dan teman**ku yg menanyakan hal itu akan membantahnya dengan menyitir ayat** dalam Al Qur'an. Aku tau ayat yg mereka maksud karena ayat itu sering dipakai untuk mengingatkan para muslimah untuk mau mengulurkan selembar kain sampai ke dada mereka.
"Dan itu bukan hak para muslimah, tapi KEWAJIBAN!!!", biasanya papahku selalu mengakhiri ceramah hari itu dengan kata** sakti tadi.
Dan jawabanku selalu, "iah pah...iah...nanti iah...". Dan akupun selalu menghindar untuk mengantisipasi pertanyaan** berikutnya yg mungkin timbul. Fiuhhhhh....parah deh...
Tapi akhirnya hidayah, klo gag di bilang tindakan nekat, itupun terjadilah. 11 Januari 2006, di tanggal itulah aku pertama kali nekat memakai jilbab ke kampus, jadi 11 Januari bukan hanya tanggal penuh kenangan buat Armand Maulana-nya Gigi tapi juga aku. Kenapa nekat??? Karena waktu itu aku totally & pure iseng ke kampus pake jilbab. Jadi begini ceritanya. Sehari sebelumnya, tepat hari raya Idul Adha, kakekku dari pihak mamahku yg memang udah lama sakit ginjal akhirnya meninggal. Setelah semua prosesi yg biasa dilakukan ketika seseorang meninggal dunia selesai akhirnya keesokan harinya kakekku dimakamkan. Kostum aku saat itu kaos lengan panjang lengkap dengan jilbab. Awalnya aku pikir akan terasa gerah, karena meskipun saat itu langit agak mendung tapi tetap saja sisa** panas sepanjang hari itu masih terasa, tapi aku salah. Rasanya...cukup terasa segar karna t'nyata masih ada angin yg mengenai pori** kulitku, dan aku sangat menikmati sensasinya. Aneh pikirku.
Acara pemakaman selesai, tp keseluruhan acara belum. Saat mamahku & semua orang sibuk mempersiapkan acara tahlilan buat malam harinya aku terpaksa mesti ke kampus. Loh?!?!? Iah soalnya aku ada jadwal ujian semester hari itu. Rasanya malessss...banget soalnya aku baru tidur sekitar 3 jam itupun bolak balik terbangun karna suasana rumah alm. kakekku memang lagi rame banget ditambah lagi aku belum belajar sama sekali. Dilema, antara mau ijin gak ikut ujian dengan alasan kakekku meninggal vs kemungkinan aku mesti ikut ujian susulan sendirian dg soal yg pastinya lbh susah, akhirnya kuputuskan nekat datang ujian dengan modal dengkul, b'harap ntar di ruang ujian dapet "sedikit kemurahan hati" dari teman**ku... . Setelah mandi & b'siap** berangkat, aku t'goda untuk kembali memakai jilbab. Gak tau kenapa, tp rasanya kepalaku diarahkan untuk mengamati jilbab yg t'lipat manis di atas meja rias. Iseng aku pake jilbabnya ke kampus. Setelah semua senjata perang siap, dengan pakaian rapi plus jilbab aku berangkat ke kampus untuk ujian. Setelah pamit mamah, pamit papah & jg orang** disana akupun berangkat. Sempat terlihat ekspresi wajah papahku yg kaget tp selain itu aku gak tau lagi soalnya aku benar** terburu** ke kampus karna jarak rumah kakekku - kampusku memang agak jauh. Sampe di kampus teman**ku heran tp aku gak begitu peduli soalnya aku sbk menghapal karna ujian 10 menit lagi, aku mesti menghapal semua materi yg mungkin keluar dalam tes dalam tempo yg sesingkat**nya. Ujian berlangsung tp teman**ku gak da yg mau yg membantuku , well mungkin bukan salah mereka juga siy soalnya pengawasnya juga rajin mengelilingi bangku jd memang agak sulit untuk memberi & menerima bantuan. Apa yg kulakukan kemudian??? Mengarang indah seperti biasanya... , sambil terus berharap kemurahan hati sang dosen mata kuliah (pada akhirnya aku dapat B untuk nilai mata kuliah itu...alhamdulillah... )
Komentar teman**ku??? Pada awalnya mereka sempat terkejut, tp senang karna aku sdh berubah mjd lebih islami. Alhamdulillah ya Allah...
Jadi apa yg membuatku nekat iseng pake jilbab ke kampus?????
Jujur sampe sekarang aku sendiri masih belom nemuin jawabannya. Mungkin inilah bentuk nyata hidayah dari Allah buat aku, sebentuk hidayah yg bermula dari keisenganku sampe akhirnya aku "terjebak", tp alhamdulillah aku gak pernah & gak mau menyesal telah t'jebak keisenganku sendiri.
Seperti yg sering dibilang papahku kalo hidayah itu bukan untuk ditunggu tapi mesti dicari, mungkin seperti itulah yg ku alami. Mungkin sebenarnya Allah sudah memberiku hidayah lewat bentuk tubuhku yg besar sehingga kalo mau beli baju aku mesti pergi ke bagian cowok ato mesti ke toko** yg menjual pakaian Islami (temanku p'nah bilang mungkin kalo badanku kutilang, kurus tinggi langsing, bak model** itu aku gak akan p'nah mau mencoba pake jilbab spt sekarang & akupun diam** jg menyetujuinya). Ato lewat permintaan maaf mbak** Rohis yg gak memberiku brosur** seputar Islam yg suka diedarin di mushola** & masjid kampus karena mbaknya gak tau kalo aku juga muslimah (hya iyyalah aku kan gak pake jilbab, mana si mbak tau...). Ato lewat para sexy dancer yg p'nah aku lihat sedang mengisi acara kemahasiswaan di kampusku (astaghfirullah... ). Akhirnya sekarang aku tau maksud Allah yg menyuruh para wanita untuk memakai jilbab, bukan semata** hanya demi melindungi martabat seorang wanita tp jg sbg bentuk identitas & rasa bangga sbg seorang muslim, & klo mau dicari lagi t'nyata masih banyak manfaat memakai jilbab hlo. Aku pernah mendengar sentilan berupa lawakan dari seorang tokoh di televisi yg menyatakan kalo wanita ingin dipandang tinggi hendaknya wanita itu berpakaian sopan, sopan disini maksudnya tertutup. Bayangin deh kalo cowok ngliatin wanita b'pakaian seksi, si cowok bakal ngliatin si wanita dari atas terus ke bawah b'ulang** penuh nafsu kayak kucing liat ikan asin. Sementara klo wanitanya tertutup apa yg mau dilihat. Jadilah si cowok fokus melihat wajah si wanita dan bukan bagian yang laen.
Semoga aku tetap istiqomah & menjadi muslimah yang lebih baik lagi. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar