-->

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 04 Juni 2011

This Movies Make Me Totally Knock Out (Part 1)

Sekarang niy aku lagi suka sama semua hal yg berbau** Asia Timur - sbnrnya agak malu sama umur siy tp mau gmn lg hla wong filmnya aja baru nongol di saat usiaku b'anjak tua -. Tau kan daerah penghasil orang** bermata minimalis (baca:sipit) nah itu dia Asia Timur. Sedikit me-refresh pelajaran geografi waktu jaman sekolah dulu, Asia Timur t’diri dari RRC, Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, dan Mongolia (dulu Hongkong jadi negara sendiri & masuk daerah persemakmuran Inggris, tp mulai tahun 2004 ato brapa aku lupa, Hongkong kembali ke pangkuan ibunda tercinta, RRC, karna kontrak kepemilikan Hongkong antara Inggris & RRC sudah b’akhir ). Diantara beberapa negara itu negara yg begitu membekas di hati rakyat Indonesia (tentu saja jaman** perang dulu) yaitu Jepang karena meski dijajah selama 3,5 tahun tp penderitaannya gak kalah dibandingkan waktu dijajah Belanda selama 3.5 abad (itupun kata orang** jaman dulu soalnya waktu itu aku kan blom lahir)

Oke kembali ke jaman sekarang, Jepang sampai sekarang masih “menjajah” Indonesia, bahkan jejaknya mulai diikuti tetangga**nya, tp bedanya kali ini aku sudah lahir & secara sadar, ikhlas, ridho, lillahi ta’ala, mau menjadi “korban”nya . Thanks to beberapa tv swasta di negeri ini yg menayangkan film drama maupun anime asal negara** itu. Coba kita flashback bentar. Jaman aku kecil dulu “penjajahan” dimulai dari film drama yg judulnya Oshin yg klo gak salah ditayangkan oleh satu**nya televisi milik negara di negeri ini. Setelah tv swasta mulai tayang mulailah beraneka jenis film drama maupun kartun yg memasuki negeri ini,


mulai dari Doraemon (anime yg sampe sekarang masih awet aja tayang di tv swasta yg satu itu), Tokyo Love Story (drama, tontonan anak gede yg dulu lmyn rajin aku tonton meski waktu itu aku masih sktr klas 3 SD),


Sailormoon (anime, the best anime i’ve ever seen, for me of course), Knight Rider (film anak** tp bukan anime, jdlnya ditranslate ke dalam bahasa Indonesia jadi Ksatria Baja Hitam pdhl klo ngelihat kamus seharusnya judulnya jadi Pengendara Malam, tp karna kostumnya hitam mengkilat jd mgkn jdl yg lebih pas hya Ksatria Baja Hitam tadi ::maksa::  ), Itazura Na Kiss (First Kiss–in English, romantic comedy drama, mgkn tayang waktu aku klas 6 SD ato klas 1 SMP), & masih banyak lg film** kartun maupun drama waktu aku kecil bahkan ada beberapa yg masih tayang mpe skrg, yg klo dipikir** waktu aku nulis ini t’nyata hampir (ato bahkan) semuanya dari Jepang ::baru nyadar::

B’anjak SMA film** Taiwan mule memasuki teritori Indonesia, tentu saja yg plg booming waktu itu adalah Meteor Garden dg F4-nya. Film yg ceritanya diangkat dr manga t’kenal di Jepang, Hana Yori Dango (Boys Over Flowers), lsg membuai para remaji & ibu** di seluruh penjuru Indonesia - even guru matematika SMA aku yg galak itu -. Bahkan sampe hrs dilarang tayang di bbrp negara krn menimbulkan demam F4, mksdnya para remaja di sana jd sok**an bergaya ala F4 yg sadis & kejam. Khusus di Indonesia, film Meteor Garden tlah menimbulkan oriental fever, smua yg berbau** F4 pasti bakalan lsg ludes diserbu para pecinta F4. Aku punya temen SMA yg saking cinta matinya sama F4 p’nah bilang klo boyband F4 yg personelnya 4 cowok pemeran film itu bakalan abadi selamanya bahkan kesuksesannya bakal ngalahin Backstreet Boys - halooooo...yg bener aja neng, ya gak mungkin lah, Backstreet Boys gitu loh -  Habis MG, film** serupa dari Taiwan mule tayang b’gantian tp menurut aku ttp gak bisa ngalahin kesuksesannya MG.

Berikutnya serial drama Korea (maksud aku Korea Selatan of course) mule mencoba mengekor kesuksesan film** negara tetangganya. Sejauh yg aku ingat ada beberapa film drama Korea yg tayang di negeri kita Indonesia tercinta, mule dari At The Dolphins Bay, Winter Sonata, Princess Hours, dan teman**nya yg laen. Di antara sekian banyak judul film drama Korea yg tayang di negeriku tercinta Indonesia Raya ini, paling gak ada beberapa judul yg begitu merasuk ke dalam sukma kalbuku ::lebay::


The first movie is Full House. Ceritanya lucu & romantis, yg maen good looking ::ahahaiy:: scenerynya bagus (my favourite scene is the house with the beach view in the backyard, one of my dream house). Soundtracknya, meski yg lbh sering diputar sbg backsound cuma beberapa aja, tp ttp enak didengar. Film ini tayang waktu aku kuliah semester 5. Aku p’nah pny temen kuliah yg amat sangat tergila** sama film ini sampe** rela nyisihin uang bulanannya (pdhl dia anak kos hlo) cm buat nyewa cd film ini karna gak sabar pengen ngliat endingnya itupun dia tonton mpe lebih dr 3 kali & gak bosen** jg ::ckckck saluuuu...ttttt...::  Tp akhirnya aku jg jd bete sdr coz stiap slese nonton cd filmnya dia slalu menceritakan tiap episode yg baru ditontonnya meskipun sang tv swasta blom menayangkan episode yg dimaksud ::hufffhhh...no more surprise deh:: The truth about this movie is aku baru tau klo t’nyata film ini based on Korean manga with the same title ::oh yaaaaa???::. Oh ya t’nyata film ini jg bakal dibuat versi Taiwan-nya hlo. Aku dah cb ngecek di internet buat ngeliat cast-nya, yg maen jd Lee Young Jae versi Taiwan keren tp yg maen jd Han Ji Eun versi Taiwannya gak bgt cantik ah ::kecewa:: Good news-nya lg adalah mau dibut sekuelnya hlo..::yippiii...:: , tp....akankah ditayangkan tv swasta negeri ini??? ummm... ::hard thinking::


The second one is Boys Before Flowers (BBF). Hana Yori Dango in Korean version ini klo aku bilang siy lebih bagus drpd versi Taiwan-nya (Meteor Garden of course) soalnya aku blom liat versi Jepangnya apalagi versi Cina-nya ::hohoho:: pengen liat siy cm buat ngebandingin lebih OK-an yg mana. Ceritanya siy sbnrnya gak beda jauh sama MG & mungkin jg sama versi laennya (karna kiblat ceritanya kan emang sama). Yg bikin serial ini lebih bagus dr MG yaitu the boys are totally awesome ::whoaaaaa.....:: and the girls are so pretty (klo aku bandingin cast Hana Yori Dango versi Taiwan, Jepang, Korea & Cina yg paling oke hya yg versi Korea ini). Soundtrack yg ngisi jg lbh banyak & bagus** , meski aku jg gak ngerti artinya, but hey...music is the universal language, right??? Filming locationnya semuanya indah mpe bingung nentuin yg plg indah but the best location in my version are New Caledonia - esp. pantai tempat Jun Pyoo sama Jan Di ngedate, pnasaran niy apa nama tempatnya -, Phoenix Island di Jeju Province, Korea -tau kan lapangan penuh bunga b’warna kuning tempat Ga Eul ngobrol sama So Yi Jeong???­ - , jg Macau hotel yg mewahnya gak ketulungan itu, semalem brapa duit iah???. Singkatnya BBF is the best Hana Yori Dango version i’ve ever seen, for this time of course.


The last but (maybe) not least is He’s Beautiful. Judul resminya siy You’re Beautiful gak tau knapa sama stasiun tv yg itu judulnya diubah jadi He’s Beautiful, but it doesn’t matter. Ceritanya ttg Go Mi Nyu, seorang calon biarawati, yg t’paksa untuk sementara b’pura** mjd saudara laki** kembarannya, Go Mi Nam, yg mjd anggota baru dari sebuah band t’kenal di Korea karna saudara kembarnya itu salah operasi plastik ::kok bisa siy??:: . Biarawati yg lugunya gak ketulungan itu b’ubah mjd sosok yg canggung & keliatan aneh di bandnya t’utama di hadapan sang ketua, Hwang Tae Kyung, yg galaknya minta ampun. Ceritanya siy sbnrny biasa tp penggambaran karakter tokohnya yg jd buat film ini menarik (dan lucu, this is the main point). Soundtack yg menghiasi film ini lmyn banyak dibandingin Full House (di playlist komputerquw ada 12 track) & semuanya jd backsound di filmnya. Filming location-nya lmyn, the best filming location in this movie pas Go Mi Nam (Go Mi Nyu) mencari Tae Kyung yg ilang di hutan pas dia ziarah ke makam ayahnya sampe akhirnya ketemu di tepi sungai, set di teras rumah basecamp mereka , jg di balkon belakang kantor manajemen.

Selain Jepang, Taiwan, dan Korea, sebenernya ada satu lagi negara Asia Timur yg filmnya jg nyampe di Indonesia, tp bukan serial drama tv melainkan film bioskop yaitu Cina. Film**kungfunya nya almarhum Bruce Lee (itu yg jadul), Jackie Chan, Jet Li, Chow Yun Fat dan yang laennya dari dulu emang sudah t’kenal & jd pionir di bidangnya tp b’hubung aku gak bgt suka film** kungfu & sejenisnya aku gak akan ngebahasnya ::maaph yak::.

Jadi...apa yg sbnrnya yg membuat serial** drama itu keliatan menarik unuk ditonton sampe** setiap kali dibuat versi Indonesia-nya menurut aku gak p’nah bisa bhsl??? Menurut aku karna:
  1. Ceritanya simpel & gak t’lalu dibuat** jd masih bisa masuk akal, soalnya klo menurut aku setiap drama yg dibuat versi Indonesianya (baca:sinetron) ceritanya jd puanjang, lebay, & ngelantur gak jelas kemana**,
  2. Totalitas pemainnya bagus, contoh simpelnya klo ada adegan yg menuntut pemainnya harus tampil jelek misalnya adegan habis bangun tidur mau gak mau si pemain harus tampil layaknya orang yg habis bangun tidur meskipun sbnrnya klo diamatin bener** ttp aja masih keliatan cantik ato cakep,
  3. Mereka bangga sama wajah** lokal, bukan b’maksud meremehkan kualitas pemain interlokal tp serial drama itu akhirnya sukses memperkenalkan wajah** lokal mereka yg physically gag kalah tampan ato cantik krn yg plg penting adalah kualitas ::betul betul betul???::,
  4. Mereka bangga sama budaya & keindahan alam mereka makanya syutingnya mayoritas di negara sendiri (kecuali di beberapa adegan yg emang diharuskan diambil di luar negeri), jd dapet ngirit, dapet duit, sekalian promosi pariwisata gratis ::enak enak enak::
OK, for the next project i want to see this movies or series (but still don’t know how) & mungkin list-nya akan semakin puanjang dan lama:
  1. Hana Yori Dango (Japanese version). Masih pnasaran kaya apa versi Jepangnya sampe** banyak dibahas di blog** jg dibuat banyak versi (yg aku tau total** ada sktr 6 negara yg memfilmkan cerita manga ini mule dr Taiwan, Jepang, Korea, China, Vietnam, Philipines, oh iah Indonesia, but it’s totally failed series jd gak masuk itungan ::ilfeel:: ). Ummm... tp butuh usaha ekstra keras soalnya film ini dibuat mpe 3 season tp masing**season gak lebih dari 10 episode (katanya siy emang di Jepang serial drama emang dibuat pendek**, biar gak bosen kali iah???)
  2. Death Note. Still based on famous manga with the same title “Death Note”. Cerita thriller detektif yg (sptnya) bagus. Aku jd ikutan suka karna adekku & my beautiful silly best friend mencemariku dg bbrp kisah, karakter, & jg pemain di film itu, especially the one and only the awesome Mr. Matsuyama Kenichi (aku malu untuk mengakuinya tp sptnya aku t’makan omonganku sdr niy ::blush::) . Sbnrnya temenku pnah minjemin dvd-nya, tp gak kepikiran buat ngopi, sooo...inilah aku yg akhirnya jd pnasaran sdr pengen liat lg filmnya ::hohoho::
  3. Detective Conan (all the movie stories). Aku slalu suka kisah**nya yg slalu bikin aku pusing & pnasaran di saat b’samaan
  4. One Missed call. Film horor yg ktnya dapat pnghargaan di negeri asalnya sono. Masih gak yakin apa mau nonton filmnya mengingat film horor Jepang kan always 1000% totally spooky & always makes me scream loudly even cuma gara** denger backsound-nya aja ::penakut kok bangga ::
  5. Full House 2. Beneran dibuat sekuelnya gak hya???
  6. Meteor Shower aka hana Yori Dango in Chinese version. Baguskah??? ::pnasaran::

Adakah yg ‘baik hati denganku????? ::ngarep::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar